Iklan

Iklan

Tingkatkan SDM Para Medis, Pemkab Tapin Tanda Tangani MoU Bersama ULM

BERITA PEMBARUAN
10 April 2023, 19:29 WIB Last Updated 2023-04-10T12:29:47Z
Bupati Tapin HM.Arifin Arpan (kanan) sesaat sebelum tanda tangani MoU dengan ULM Banjarmasin, Senin 10 April 2023. (foto:ist)


RANTAU - Pemerintah Kabupaten Tapin jalin kerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalsel tentang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan, Pelatihan dan Pengabdian kepada masyarakat untuk Pembangunan Kabupaten Tapin.


Kerja sama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Bupati Tapin Drs.HM Arifin Arpan, M.M., bersama Rektor ULM Prof, Dr.Ahmad Alim Bachri, S.E., M.S.I., di Aula Tamasa Kantor Setda Pemkab Tapin Rantau, Senin 10 April 2023.


Rektor ULM Prof, Dr.Ahmad Alim Bachri, S.E., M.S.I., mengatakan, ada beberapa aspek strategis yang menjadi domain MoU itu, salah satunya tentang peningkatan SDM di bidang kesehatan.


"Terutama peningkatan kapasitas para dokter spesialis yang diperlukan, untuk menunjang kualitas sarana SDM dilingkungan RSUD baru yang sudah dibangun Pemkab Tapin," ujarnya. 


Prof.Ahmad mengapresiasi langkah Pemkab Tapin yang sudah membangun rumah sakit yang representatif sehingga pihaknya (ULM) berkewajiban untuk memberikan dukungan terhadap penyediaan SDM-nya.


"Hal lainnya, izin kepada pak Bupati, RSUD itu nantinya akan dijadikan salah satu tempat praktek bagi para mahasiswa - mahasiswi Fakultas Kedokteran ULM baik dokter gigi maupun umum untuk penyelenggaraan KOAS," terangnya.


Menurutnya, RSUD Datu Sanggul Tapin yang baru itu nantinya menjadi rumah sakit jejaring dalam rangka pelaksanaan program pendidikan Koas bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM.


"Yang tidak kalah pentingnya ini tugas kami nanti tentang pengembangan SDM para ASN Pemkab Tapin sebagai mana harapan kepala daerahnya (Bupati)," ucapnya.


Sementara Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengaku senang dan bangga atas kerjasama yang terjalin dan telah ditandatanganinya MoU antara Pemkab Tapin dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).


"Jujur kita akui bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari sebagian Aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin ini masih banyak yang kurang," sebutnya.


Dikatakannya, guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan kemajuan daerah pihaknya terus melakukan berbagai upaya pengembangan SDM aparaturnya.


"Untuk itu, kerjasama ini semoga berhasil positif sesuai sebagai mana yang kita harapkan, karena bagaimanapun membangun itu tidak bisa dilakukan sendiri perlu keterlibatan elemen lain salah satunya masukan dari dunia akademis", ungkapnya.


Pihaknya pun menyambut baik rencana ULM yang akan menggunakan RSUD baru untuk dijadikan tempat penelitian bagi para mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM.


"Itu langkah positif, tentu kita harus menyambut baik hal itu, disamping kerja sama untuk peningkatan kualitas SDM para tenaga medis, khususnya para dokter spesialisnya. Juga agar nantinya mereka mampu bersaing sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan," harapnya.


Selain Bupati Tapin HM Arifin Arifin Arpan bersama Rektor ULM Prof Ahmad juga turut hadir pada penandatanganan MoU itu, Sekda Pemkab Tapin Dr.Sufiansyah, Wakil Rektor ULM Dr Yusuf Aziz, Asisten dan sejumlah Kepala Dinas Lingkup Pemkab Tapin.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan SDM Para Medis, Pemkab Tapin Tanda Tangani MoU Bersama ULM

Terkini

Topik Populer

Iklan