Iklan

Iklan

Warga Desa Renrua Bantah Dugaan Penyimpangan Kades yang Dilaporkan Yohanes Atok

BERITA PEMBARUAN
24 Juni 2023, 17:11 WIB Last Updated 2023-06-24T10:11:53Z
Embung Desa hasil dari pembangunan Desa Renrua saat Kadesnya Eduardus Kudamanto Bau, Jumat 23 Juni 2023.(foto:Mario)


BELU, NTT - Sejumlah tokoh masyarakat asal Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu membantah adanya dugaan penyalahgunaan anggaran oleh Mantan Kepala Desa Renrua Eduardus Kidamanto Bau, S.H., yang dilaporkan Yohanes Atok Arakat, beberapa bulan lalu.


Pada laporan yang dilakukan Pelapor Yohanes Atok Arakat di Inspenktorat, Kejaksaan negeri Atambua, dan Tipikor diduga tidak sesuai fakta di lapangan. Pasalnya, dari laporannya secara fisik buktinya ada dan bahkan lebih dari pembangunannya.


Seperti yang disampaikan oleh seorang tokoh masyarakat Desa Renrua, Yakobus Bria, bahwa apa yang dilaporkan Yohanes Atok Arakat ke Inspektorat dan Kejaksaan serta Tipikor adalah hal yang tidak benar dan tidak sesuai fakta di lapangan.


'Kita lihat dan rasakan, bahwa apa yang menjadi laporan anak Oni semuanya fisik ada. Dan bahkan pembangunan ada yang lebih volume. Yang dikatakan kurang volume itu tidak benar," ucap Yakobus Bria saat ditemui media ini pada Kamis, 22 Juni 2023.


Mantan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) empat periode ini, menegaskan bahwa semenjak Erwin Bau sapaan akrap dari Eduardus Kidamanto Bau menjabat sebagai Kepala Desa Renrua terlihat ada perubahan. Yang sebelumnya dikatakan desa tertinggal kini menjadi desa berkembang berkat hasil kinerja yang baik dari mantan Desa Renrua satu periode itu.


"Kita sangat menyayang sekali terkait apa yang dilaporkan oleh anak Oni. Kita melihat tidak sesuai karena kita merasakan sekali karena fisiknya semuanya lengkap dan bisa dicek," tegasnya.


Sebagai masyarakat di sini, kata Yakobus, bahwa dirinya sangat merasakan prestasi yang diraih oleh mantan desa satu periode ini. 


"Saya empat periode sebagai BPD yang juga mewakili masyarakat di desa ini sangat merasakan dampak dari kinerjanya. Bayangkan desa kami yang dulu sangat terisolasi dari semua akses, seperti rumah layak huni, listrik, air dan jalan sekarang semuanya sudah terpenuhi," sebutnya.


Di tempat yang berbeda, tokoh masyarakat Desa Renrua Klemens Kiik saat ditemui di kediamannya mengatakan, sebagai masyarakat di desa ini, pihaknya merasa tidak ada yang kurang, dari apa yang dilaporkan itu. Karena semuanya ada dan bisa dilihat dan buktikan di lapangan.


"Kami melihat semua yang dilaporkan itu, fisiknya di lapangan ada. Dan kami adalah saksi yang merasakan manfaatnya," terangnya.


Menurut Klemens, pihaknya yang merasakan langsung apa yang dilakukan oleh mantan Desa Renrua Eduadus Kidamanto Bau, berkat kepemimpinannya, Ia (Klemens) juga menjadi salah satu penerima manfaat rumah stimulan.


Diakui Klemens, dana yang ia menerima guna membangun rumahnya itu tidak dipotong atau sedikitpun yang kurang, hingga rumahnya selesai dan bisa dihuni sampai saat ini.


Bukan hanya saja rumah, lanjut Klemens, tetapi juga air bersih tidak lagi susah diperoleh seperti sebelumnya yang sangat susah. Akses jalan dan lain sebagainya pun disediakan oleh pemerintah desa seperti air, jalan atau rabat, dan embung itu semua ada.


Berdasarkan hasil investigasi media di lapangan, bahwa ditemukan bahwa enam item yang dilaporkan oleh pelapor diduga tidak betul. Pasalnya, enam item tersebut secara fisik ada bahkan ada beberapa item yang pembangunannya lebih volume.


Tidak hanya itu, salah satu item laporan oleh pelapor Yohanes Atok Arakat dikatakan bahwa pembangun Gudang Kantor Desa Renrua tidak ada atau diduga fiktif. Namun dari hasil investigasi ditemukan bahwa gudang tersebut ada dan berdiri kokoh.


Tidak sampai disitu, gudang kantor Desa Resa Renrua juga dibangun dengan volume lebih. Berdasarkan RABS Gudang Kantor Desa seharusnya dibangun dengan ukuran 4x6 namun ditambah dengan swadaya masyarakat, sehingga dibangun lebih dengan ukuran 6x6 meter.*(Mario)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Desa Renrua Bantah Dugaan Penyimpangan Kades yang Dilaporkan Yohanes Atok

Terkini

Topik Populer

Iklan