Iklan

Iklan

Bupati Buka Gebyar Festival Muharram 1445 H, Semangat Islami Mewarnai Malam di Tapin

BERITA PEMBARUAN
25 Juli 2023, 23:48 WIB Last Updated 2023-07-25T16:48:44Z
Bupati Tapin HM. Arifin Arpan saat menyampaikan sambutan di acara Gebyar Festival Muharam 1445 H di Desa Baringin XLS, Senin 24 Juli 2023 malam. (foto:ist)


RANTAU - Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan MM secara resmi membuka Gebyar Festival Muharram 1445 H dalam rangka memperingati tahun baru Islam di Masjid Da'watul Haq Desa Baringin A, Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS), Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, pada Senin (24/7/2023) malam.


Dalam acara yang direncanakan akan berlangsung selama 5 hari kedepan, akan digelar berbagai lomba seperti Adzan, Tartil Qur'an, Kaligrafi, dan Fashion Muslim, diikuti oleh 120 orang peserta lomba tingkat SD dan SMP sederajat.


Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Elliyani, Kabag Kesra Pemkab Tapin, Zaidi Haitami, Muspika CLS dan CLU, Kepala Desa se-Kecamatan CLS dan CLU, Ketua MUI CLS, para Habaib, Guru-guru Agama, serta Tokoh masyarakat Candi Laras Utara (CLS) dan ribuan masyarakat.


Bupati Tapin, Drs HM Arifin Arpan, M.M., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa inti dari memperingati tahun baru hijriah adalah memaknai hijrahnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam, dengan tunduk dan patuh terhadap ajaran agama Islam.


"Kami juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat, mulai dari aparat pemerintahan, para kepala desa, para ustadz, para guru ngaji, para imam, tokoh masyarakat, dan tokoh adat, untuk bahu membahu saling bekerjasama dalam membangun Kabupaten Tapin yang kita cintai ini," ujarnya.


Bupati Arifin Arpan menekankan bahwa umat muslim harus menumbuhkan kesadaran dan semangat juang dengan melakukan amar makruf nahi mungkar, salah satunya dengan menggelar acara-acara Islami setiap menyambut hari atau bulan Islam.


"Dengan acara seperti ini, diharapkan masyarakat dan generasi penerus yang notabene warga Tapin ini beragama muslim, dapat lebih mengetahui bahwa bulan Muharram adalah bulannya umat Islam yang dikenal dengan hijrahnya Nabi Muhammad Saw," tambahnya.


Bupati Arifin Arpan berharap agar warga Tapin, khususnya generasi muda, lahir sebagai masyarakat yang islami dan berakhlak mulia, serta memiliki karakteristik yang mencerminkan seorang muslim yang rahmatan lil alamin, sehingga Kabupaten Tapin menjadi daerah yang Baldatun Warobbun Ghofur. Dengan semangat kebersamaan dan kesadaran akan ajaran agama, diharapkan kualitas hidup dan harmoni masyarakat dapat semakin meningkat di Kabupaten Tapin.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Buka Gebyar Festival Muharram 1445 H, Semangat Islami Mewarnai Malam di Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan