Iklan

Iklan

Kasad Resmikan Program Air Bersih dan Percepatan Penurunan Stunting

BERITA PEMBARUAN
25 Juli 2023, 23:29 WIB Last Updated 2023-07-25T16:29:32Z
Bupati Tapin HM.Arifin Arpan bersama Forkopimda seusai mengikuti peresmian program RNI AD Manunggal Air Bersih oleh KASAD secara virtual, Selasa 25 Juli 2023.(foto:jgt)


TAPIN - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman secara resmi meresmikan program TNI AD Manunggal Air Bersih Tahun 2023 serentak.


Dan secara virtual melakukan pencanangan percepatan penurunan stunting di Kampung Lebaksangka, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten pada Selasa 25 Juli 2023.


Kegiatan peresmian tersebut berlangsung dengan diikuti oleh jajaran secara virtual, termasuk perwakilan dari Kodim 1010/Tapin. Program TNI AD Manunggal Air Bersih menjadi salah satu program utama yang bertujuan untuk memakmurkan rakyat Indonesia dengan menyediakan akses air bersih yang lebih baik.


Dalam sambutannya Kasad mengatakan, Program TNI AD Manunggal Air Bersih merupakan Program utama yang harapannya memakmurkan rakyat Indonesia.


"Total Sumber air pada peresmian kali ini berjumlah 1.345 titik air yang tersebar di wilayah," ungkapnya.


Diakhir sambutan, Kasad memberikan pesan kepada seluruh Prajurit TNI AD, demi rakyat, bangsa dan negara kita harus rela mati sampai titik darah penghabisan.


Sementara itu usai menyaksikan Peresmian Fasilitas air bersih oleh Kasad, Bupati Tapin Drs. H. M. Arifin Arpan, M.M., mengungkapkan bahwa adanya anjuran dari Kasad terkait air bersih.


"Kita dianjurkan baik TNI, Pemerintah Daerah, dan forkopimda lainnya harus merapat kepada masyarakat dan kita pada hari ini membuktikan bahwa fasilitas air sudah ada, hanya saja perlu peningkatan," katanya


Artinya, lanjut bupati, bagi masyarakat yang belum menerima air bersih akan diusahakan mendapatkan air bersih.


"Kita sepakat, Pemerintah Daerah dan TNI harus meningkatkan air bersih," ucapnya


Terkait dengan penanganan stunting, bupati mengatakan bahwa semua elemen masyarakat, forkopimda, perusahaan, BKKBN, dan Pemerintah Daerah melalui dinasnya, agar kembali diperhatikan, karena tidak menutup kemungkinan jika diberhentikan, takutnya ditempat lain akan muncul kasus stunting.


Di tempat yang sama, Dandim 1010/Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan, S.I.P., mengungkapkan bahwa program air bersih sudah dilakukan termasuk di koramil jajaran Kodim 1010/Tapin.


"Ada dua yang sudah jadi dan sudah dimanfaatkan warga, yaitu di Desa Lokpaikat, dan satunya disini di Desa Suato Tatakan Kecamatan Tapin Selatan, nah untuk satunya masih proses pembuatan di Desa Baramban, Kecamatan Piani," jelasnya


Peran TNI dalam penanganan stunting dikatakan Dandim, yaitu dengan melaksanakan pendataan awal bersama dengan instansi terkait, dari dinas kesehatan, kecamatan, dan kepolisian, setelah terdata apa keperluan mereka, kita wadahi. Wadahi dengan berbagai macam bantuan, seperti gizi dari susu, telur dan pemberian pengetahuan pencegahan bahaya stunting pada Ibu Hamil dan balita.


"Dan tadi juga kita sudah memberikan bantuan kepada warga terkait dengan pencanangan percepatan stunting," sebutnya.


Pada kegiatan peresmian fasilitas air bersih program TNI AD Manunggal Air Bersih Tahun 2023 dan Pencanangan percepatan penurunan stunting secara virtual dilaksanakan Kodim 1010/Tapin di Desa Suato Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin Kalsel, yang dihadiri oleh Bupati Tapin, Dandim 1010/Tapin, Kajari Tapin, Kepala Pengadilan Negeri Tapin, Ketua DPRD Kabupaten Tapin, Kapolres Tapin atau yang mewakili, Camat Tapin Selatan, hingga masyarakat setempat.(Pd1010/jgt).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kasad Resmikan Program Air Bersih dan Percepatan Penurunan Stunting

Terkini

Topik Populer

Iklan