Iklan

Iklan

Pemenuhan Hak Anak Ditekankan dalam Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Tapin

BERITA PEMBARUAN
28 Juli 2023, 06:48 WIB Last Updated 2023-07-29T05:52:23Z
Bupati Tapin HM.Arifin Arpan saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Anak Nasional di halaman Kantor Bupati Rantau Baru, Kamis 27 Juli 2023.(foto:ist)


RANTAU - Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan, M.M., menyebutkan ada beberapa hak anak yang harus dipenuhi mulai dari pendidikan, kesehatan, perlindungan dan lainnya, baik oleh pemerintah daerah terutama orang tua dari anak - anak itu sendiri.


Hal itu disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional, di Halaman Kantor Bupati Tapin Rantau Baru Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Kamis (27/7/2023)


HM Arifin Arpan mengatakan, sebagai mana harapan kita bersama khususnya di Kabupaten Tapin, jangan sampai ada anak yang terlantar, kurang gizi dan tinggal di lingkungan yang kurang bersahabat untuk anak - anak.


"Terlantar itu dalam artian salah satunya tidak sekolah. Untuk itu kita pemerintah daerah harus mempersiapkan regulasi dan anggaran untuk menunjang pemenuhan hak anak - anak ini," ujarnya.


Namun demikian kata Arifin Arpan, pemenuhan hak ini merupakan tanggung jawab bersama terutama orang tua dari si anak itu sendiri,bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah.


"Akan tetapi Alhamdulillah untuk di Kabupaten Tapin ini, hampir semua lapisan masyarakat memperhatikan terhadap pemenuhan hak-hak anak itu tadi," sebutnya.


Ia mengutarakan, bahwa beberapa perusahaan di Tapin memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan dan pendidikan anak, di antaranya ada yang secara kontinyu memberikan bantuan makanan bergizi dan bea siswa untuk anak - anak yang berprestasi.


Sementara Kepala Dinas P3A Pemkab Tapin, Lailian Nor S.Sos, M.M., menyampaikan, Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian terhadap perlindungan terhadap anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.


"Dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak," ujarnya.


Dikatakan Hj. Lailian Nor, upaya tersebut akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat,cerdas, berakhlak mulia dan cinta tanah air.


"Kita mengetahui bersama,bahwa anak merupakan tunas bangsa yang mempunyai potensi dan generasi di masa mendatang yang juga penerus cita - cita perjuangan bangsa yang mempunyai peran strategis," sebutnya.


Menurutnya, peringatan Hari Anak Nasional merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak 


"Tugas dan tanggung jawab kita, adalah memastikan anak-anak mendapatkan kesempatan tumbuh kembang yang baik sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara," tuturnya.


Pemenuhan hak anak mencakup hak atas pendidikan, perlindungan, bermain, identitas, makanan, kesehatan, rekreasi, dan hak untuk berkembang. Hal ini menjadi fokus bersama dalam memastikan masa depan yang cerah bagi generasi penerus. (ron)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemenuhan Hak Anak Ditekankan dalam Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan