Iklan

Iklan

Hasil Survei Terbaru LSI, Prabowo Unggul di Jabar, Gerindra Salip PDIP

BERITA PEMBARUAN
28 September 2023, 15:48 WIB Last Updated 2023-09-28T08:51:54Z
Tiga bakal calon Presiden RI, Prabowo, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo (foto: ist)


BANDUNG - Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto mengungguli jauh dua calon presiden potensial lainnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Jawa Barat.


Dalam survei yang dilakukan pada 10-19 September 2023 tersebut, Prabowo meraih elektabilitas sebesar 46,1%. Sementara Anies Baswedan berada di posisi kedua dengan elektabilitas 29,3%, dan Ganjar Pranowo di posisi ketiga dengan elektabilitas 18,4%.


Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, mengatakan bahwa keunggulan Prabowo di Jawa Barat tidak terlepas dari beberapa faktor, di antaranya,


Prabowo memiliki modal awal yang kuat di Jawa Barat, karena pernah bertarung di Pilpres 2019 dan meraih suara signifikan di provinsi ini.


Mesin partai Gerindra, yang dipimpin Prabowo, sudah mulai bergerak di Jawa Barat.


Dedi Mulyadi, yang baru saja bergabung dengan Gerindra, melakukan kampanye massif untuk Prabowo di Jawa Barat.


Sementara itu, elektabilitas partai politik di Jawa Barat juga mengalami perubahan. Gerindra berhasil menyalip PDIP ke posisi pertama, dengan elektabilitas sebesar 18,2%. PDIP turun ke posisi ketiga dengan elektabilitas 15,7%. Golkar berada di posisi kedua dengan elektabilitas 16,8%.


Kenaikan elektabilitas Gerindra di Jawa Barat diduga karena faktor Prabowo yang unggul sebagai capres di provinsi ini. Sementara kenaikan elektabilitas Golkar diduga karena faktor Ridwan Kamil, yang baru saja resmi menjadi kader Golkar.


Toto Izul Fatah mengatakan bahwa hasil survei ini masih bersifat sementara. Peta politik di Jawa Barat masih bisa berubah dalam tiga atau empat bulan ke depan.(rls/red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hasil Survei Terbaru LSI, Prabowo Unggul di Jabar, Gerindra Salip PDIP

Terkini

Topik Populer

Iklan