Iklan

Iklan

Pemerintah Kabupaten Tapin Bahas RPJPD 2025-2045 untuk Masa Depan

BERITA PEMBARUAN
27 September 2023, 21:49 WIB Last Updated 2023-09-27T14:49:15Z
Pembahasan RPJPD Kabupaten Tahun 2025 - 2045 yang dimulai dengan dibuka oleh PJ Bupati M.Sarifuddin saat membuka Kick off Meeting, Rabu 27 September 2023.(foto: ist)


RANTAU - Pemerintah Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, mulai membahas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tapin tahun 2025 - 2045.


Tanda dimulainya pembahasan RPJPD tersebut dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Sarifuddin saat membuka Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Tapin tahun 2025-2045, Rabu 27 September 2023.


Hadir sebagai narasumber pada giat tersebut di antaranya Tenaga Ahli Pendamping Penyusunan RPJPD, Rico Arya Radestya, S.E., M.S.I., dan Mohammad Firomas Arifin Nur, S.T., S.E., M.S.I.


Kepala Bapelitbang Kabupaten Tapin, Meidy Haris Prayoga mengatakan, Kick off Meeting Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tapin tahun 2025-2045 ini terselenggara sebagai mana amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.


"Pada pasal 18 ayat (1) menyebutkan bahwa Penyusunan Rancangan Awal RPJPD dilaksanakan paling lambat 1 (satu) tahun sebelum RPJPD periode sebelumnya berakhir," ujarnya.


Dikatakannya, kegiatan ini tidak lain untuk dapat menyerap saran dan masukan dari para pemangku kepentingan atau stakeholder pembangunan daerah dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Tapin 2025-2045.


Sementara itu, Pj. Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin mengatakan, pada tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin akan memulai melaksanakan penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD Kabupaten Tapin tahun 2025-2045 yang ditandai dengan acara (kick off meeting.


Disampaikan Pj. Bupati, hal ini bertujuan untuk menginformasikan dimulainya penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD Kabupaten Tapin tahun 2025 - 2045.


”Kita ingin mendengar saran dan masukan dari semua Kepala SOPD mengenai Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Tapin 20 tahun ke depan,” jelasnya.


Menurut Syarifuddin, RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi dan arah kebijakan serta sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun ke depan, yang disusun dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang nasional (RPJPN) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


”Nantinya setelah dilaksanakannya RPJPD ini akan menjadi landasan kita dalam menyusun RPJMD untuk Kabupaten Tapin tercinta,” jelasnya.


Ia mengakui, dari hasil evaluasi terhadap pembangunan Kabupaten Tapin selama 20 tahun ke belakang telah banyak hasil-hasil pembangunan yang telah berhasil dicapai dan dapat dirasakan manfaatnya banyak pihak.


"Namun demikian seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kita juga dituntut untuk menentukan pilihan arah pembangunan daerah jangka panjang dalam segala bidang," ungkapnya.


Sehingga nantinya kata M.Sarifuddin, yang akan kita susun pada dasarnya dibuat, untuk mengantisipasi dinamika perubahan, yang dapat menimbulkan masalah besar bagi kesejahteraan rakyat dalam jangka panjang yang mencakup perubahan demografi, sumber daya alam, sosial, ekonomi, budaya dan politik hingga keamanan. 


Oleh karena itu, dalam penyusunan RPJPD diperlukan pemikiran visioner yang harus dikaji secara seksama sehingga mampu menjawab berbagai tantangan perubahan dimasa yang akan datang.


M Sarifuddin mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk bersama sama berpikir secara sungguh sungguh dan visioner memformulasikan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tapin 20 tahun ke depan.


"Agar menghasilkan dokumen perencanaan jangka panjang yang mampu memberikan manfaat dan dampak bagi masyarakat Kabupaten Tapin yang sebesar besarnya di masa depan," harapnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemerintah Kabupaten Tapin Bahas RPJPD 2025-2045 untuk Masa Depan

Terkini

Topik Populer

Iklan