Iklan

Iklan

Dandim 1010/Tapin: Pancasila, Acuan Hidup Berbangsa dan Bernegara

BERITA PEMBARUAN
01 Oktober 2023, 17:14 WIB Last Updated 2023-10-01T10:14:23Z
Dandim 1010/Tapin saat menjadi Irup.pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 di Makodim.(foto: jgt)


TAPIN - Dalam rangka mengenang pengorbanan dan memberikan penghormatan kepada para pahlawan revolusi yang gugur akibat gerakan komunis G30 S/PKI, Kodim 1010/Tapin menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2023.


Upacara ini dihadiri oleh seluruh anggota TNI Kodim 1010/Tapin dan berlangsung di Halaman Makodim setempat, Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Rantau, Kabupaten Tapin.


Dalam upacara tersebut, Dandim 1010/Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan, S.I.P., menjadi Inspektur Upacara (Irup) dan Komandan Upacara (Danup) dipegang oleh Kapten Inf Firman. Seluruh anggota Kodim, mulai dari Tamtama, Bintara hingga Perwira, turut serta dalam peringatan ini.


Dandim Kodim 1010/Tapin, Letkol Arh Pryoni Palebangan, mengingatkan tentang perjuangan rakyat Indonesia untuk mempertahankan Ideologi Pancasila dari ancaman Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965. 


"Perjuangan ini memakan korban, dengan tewasnya tujuh pahlawan revolusi," sebutnya.


Dandim menekankan pentingnya mengenang sejarah ini untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, kita harus menyadari betapa pentingnya Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.


Setelah upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kodim 1010/Tapin melanjutkan dengan Korps Raport kenaikan pangkat dan wisuda purna tugas di Aula Makodim.(pd1010)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dandim 1010/Tapin: Pancasila, Acuan Hidup Berbangsa dan Bernegara

Terkini

Topik Populer

Iklan