Iklan

Iklan

Anggota DPR RI Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Dugaan Perbudakan di PT. BSL

BERITA PEMBARUAN
24 November 2023, 19:52 WIB Last Updated 2023-11-24T12:52:58Z
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani.(foto: istimewa)


JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani,  meminta Polri untuk mengusut tuntas dugaan terjadinya perbudakan di Perusahaan Perkebunan Sawit PT Bintang Sawit Lestari (BSL) di Kalimantan Barat.


Dalam keterangannya, Netty menegaskan bahwa kasus ini harus diusut secara transparan dan menyeluruh hingga ke akar-akarnya. Penganiayaan dan penyekapan terhadap pekerja dianggap sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).


Sebelumnya, lima pekerja perkebunan kelapa sawit PT BSL di Kecamatan Sekadau Hulu, Kalimantan Barat, diduga disekap dan dianiaya setelah melarikan diri dari perusahaan akibat perlakuan tidak adil, termasuk pemotongan gaji yang tidak wajar.


"Polisi harus mengusut tuntas, apakah ada instruksi dari atasan yang terlibat dalam kasus ini?. Selain itu, semua pihak yang terlibat, tidak hanya tingkat operator, harus diproses hukum," tegas Netty, Jumat 24 November 2023.


Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI juga mengingatkan peran Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam melindungi pekerja. Negara diharapkan hadir dalam setiap hubungan industrial dan harus terlibat dalam menyelesaikan kasus penyekapan ini.


"Kemnaker harus terlibat dalam menyelesaikan dugaan kasus penyekapan tersebut dan mendampingi para korban hingga mendapatkan hak-haknya, terutama terkait dengan dugaan pemotongan gaji pekerja yang tidak wajar," tutur Netty Prasetiyani.(**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anggota DPR RI Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Dugaan Perbudakan di PT. BSL

Terkini

Topik Populer

Iklan