Iklan

Iklan

Sekda Launching Aplikasi SIMPANAN Inovasi Pemerintah Kecamatan Binuang Tapin

BERITA PEMBARUAN
28 November 2023, 09:08 WIB Last Updated 2023-11-28T02:08:33Z
Sekda Tapin hh.Sufiansyah (tengah) saat melaunching aplikasi SIMPANAN di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin Kalsel, Senin 27 November 2023.(foto: Ron)


RANTAU - Sekertaris Daerah (Sekda) Tapin H. Sufiansyah bersama Camat Binuang H. Hendryanoor Efendy secara simbolis melaunching sekaligus sosialisasikan inovasi pelayanan publik Pemerintah Kecamatan Binuang yang diberi nama SIMPANAN di Aula Kantor Kecamatan Binuang, Jl By Pass Binuang Kabupaten Tapin, Senin (27/11/2023).


SIMPANAN merupakan akronim dari Sistem Informasi Pelayanan,sebagai bentuk aksi perubahan program kerja administrasi Pemerintah Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, tahun 2023 dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang mudah, efektif dan efisien.


Sekda Pemkab Tapin H. Sufiansyah mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Binuang yang untuk kesekian kalinya telah membuat inovasi dalam hal peningkatan pelayanan publik.


"Semoga inovasi SIMPANAN dan inovasi-inovasi lainnya ini bermanfaat untuk masyarakat secara umum," ujarnya.


Menurut Sekda, seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan serba digital pemerintah daerah dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, efektif dan efisien.


"Yang paling urgen dan harus benar-benar dibuat inovasi oleh seluruh SOPD sekarang ini terkait pelayanan publik," sebut Sekda.


Namun demikian Sufiansyah sebutkan, di Kabupaten Tapin secara umum 60 hingga 70 persen OPD sudah membuat inovasi karena eselon II hampir 90 persen berinovasi tinggal eselon III.


"Optimis tahun depan bisa maksimal, berikutnya tinggal penyempurnaan inovasi ini bisa dibuat sampai tingkat Kelurahan atau Desa," katanya.


Sementara, Camat Binuang Hendryanoor Efendy menyampaikan, SIMPANAN ini merupakan salah satu dari beberapa inovasi yang telah dibuat Pemerintah Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.


"Sistem Informasi Pelayanan atau Simpanan ini, sebagai inovasi pelayanan publik yang berbasis online dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi," ujarnya.


Dijelaskan camat, sementara baru ada 3 pelayanan pada aplikasi SIMPANAN tersebut yakni surat keterangan tidak pernah dihukum, surat rekomendasi nikah dan surat keterangan buat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).


"Masyarakat yang membutuhkan tiga pelayanan administrasi tadi tinggal login di google, kemudian membuat akun dan ikuti petunjuk selanjutnya," jelasnya.


Ia menambahkan, setelah selesai nanti masyarakat diberikan dua pilihan bisa mengambil hasilnya langsung ke kantor kecamatan secara gratis,atau bisa diantar lewat kurir tapi tentunya dikenakan biaya ongkos kirim.(ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekda Launching Aplikasi SIMPANAN Inovasi Pemerintah Kecamatan Binuang Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan