Ahmad Fauzi, staf Departemen Komunikasi Perusahaan saat menerima penghargaan PRIA 2024, Kamis 7 Maret 2024 di Bali (foto: ist) |
KARAWANG - Pupuk Kujang memborong penghargaan di ajang kompetisi kehumasan Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024.
Pada ajang tersebut, anak perusahaan Pupuk Indonesia (Persero) itu meraih tiga predikat silver yaitu, dua kategori program komunikasi CSR, dan satu kategori owned media.
Vice President Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang, Muhammad Arief Rahman menuturkan, penghargaan tersebut menambah motivasi jajarannya dalam menjalankan kinerja kehumasan.
“Terlepas dari raihan penghargaan ini, kami terus menjalankan fungsi dan tanggung jawab komunikasi perusahaan yang menginspirasi dan berdampak terhadap masyarakat,” ujar Arief, dalam keterangan tertulisnya pada media ini, Jumat, 8 Maret 2024.
Di PRIA 2024, jajaran dewan juri menilai, Departemen Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang telah berhasil dalam mengkomunikasikan program CSR pada aspek pengembangan masyarakat yaitu Sentra Edukasi Nanas Terintegrasi di Subang.
Pupuk Kujang juga dinilai telah optimal mengkomunikasikan program CSR di aspek keberlanjutan bisnis melalui Program Pengurangan Dampak Perubahan Iklim.
Sebanyak 16 orang juri menetapkan, strategi komunikasi Pupuk Kujang dalam publikasi CSR telah memenuhi aspek penilaian.
"Tahun ini umumnya berhasil menunjukkan objektif yang SMART (specific, measurable, achievable, relevant, time-bound atau spesifik, terukur, tercapai, relevan dan tepat waktu) yang terkoneksi dengan masalah, dan kemudian ada solusi dari permasalahan tersebut,” kata salah satu juri Fardila Astari.
Dalam mengkomunikasikan program-program CSR, lanjutnya, Pupuk Kujang telah menyebarkan informasi melalui berbagai saluran komunikasi yang menjangkau masyarakat luas.
Misalnya publikasi siaran pers di berbagai media mainstream baik lokal, regional maupun nasional, hingga di kanal-kanal milik perusahaan seperti website dan media sosial.
“Pemenang yang kami cari adalah mereka yang mampu menunjukkan gagasan-gagasan segar dan berani mengambil inisiatif untuk lebih inovatif dan kreatif," ujar Asmono.
Selain melakukan publikasi dalam program-program CSR, dewan juri juga mengapresiasi Pupuk Kujang yang telah membuat video profil perusahaan dengan baik. Alhasil predikat silver di kategori owned media bisa diraih tahun ini.
Tiga penghargaan kompetisi kehumasan tersebut diterima langsung oleh manajemen yang diwakili oleh Ahmad Fauzi, Staf Departemen Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang di Bali, Kamis, 7 Maret 2024 malam.
Founder dan CEO PR Indonesia, Asmoro Wikan, menuturkan, di ajang PRIA 2024, panitia menerima 699 karya dari 219 institusi. Karya-karya itu meliputi berbagai kategori seperti owned media, kanal digital, manajemen krisis, laporan tahunan, program PR, Departemen PR, dan Komunikasi CSR.(rls/red)