Iklan

Iklan

Perayaan Penuh Kedamaian, Waisak 2568 BE di Vihara Budha Jayanti

BERITA PEMBARUAN
23 Mei 2024, 19:46 WIB Last Updated 2024-05-23T12:46:26Z
Kapolsek AKP I Gede Bagus beserta anggotanya saat memberikan pengamanan perayaan Hari Rawa Waisak 2568 BE di Vihara Budha Jayanti Kampung Bogor Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Kamis 23 Mei 2024.(foto: ist)


BEKASI - Hari Raya Waisak 2568 BE disambut dengan penuh khidmat dan kedamaian di Vihara Budha Jayanti, Kampung Bogor, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 


Perayaan ini, yang memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Siddhartha Gautama, diselenggarakan dengan pengamanan ketat dan terorganisir di bawah pengawasan langsung Kapolsek Tarumajaya, AKP I Gede Bagus, pada tanggal 23 Mei 2024.


Sejak pagi hari, umat Buddha memadati Vihara Budha Jayanti untuk merayakan Waisak. Suasana di vihara dipenuhi dengan ornamen khas Waisak, sementara doa dan nyanyian pujian mengalun lembut, menambah kekhusyukan suasana.


Untuk memastikan perayaan berjalan lancar dan aman, AKP I Gede Bagus beserta anggotanya telah menyiapkan pengamanan dengan matang. 


Mereka mendirikan pos pengamanan di titik strategis sekitar vihara dan melakukan patroli berkala. Kerja sama dengan panitia penyelenggara juga dilakukan untuk mengatur alur keluar masuk umat, menjaga keramaian agar tidak menimbulkan gangguan.


"Pengamanan ini adalah bentuk tanggung jawab kami untuk memastikan setiap warga dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman," ujar AKP I Gede Bagus. 


I Gede Bagus mengatakan, kami berkomitmen untuk mendukung semua kegiatan keagamaan di wilayah ini, sebagai bagian dari upaya kami untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama.


Partisipasi aktif dari pihak kepolisian ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk para tokoh agama dan masyarakat setempat. 


Pengamanan yang dilakukan tidak hanya menjaga keamanan fisik, tetapi juga memberikan rasa nyaman secara psikologis kepada para jamaah.


Perayaan Waisak ini juga diwarnai dengan berbagai aktivitas sosial dan budaya, seperti ritual pembersihan diri, meditasi, dan kegiatan amal seperti pembagian makanan dan sumbangan kepada yang membutuhkan. Semua ini mencerminkan semangat kasih sayang dan kebersamaan yang menjadi esensi dari perayaan Waisak.


Keberhasilan pengamanan perayaan Waisak ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara kepolisian, panitia vihara, dan masyarakat. Semua pihak berkontribusi untuk menciptakan suasana yang harmonis dan penuh toleransi.


"Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga, tidak hanya pada saat perayaan hari besar keagamaan, tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita," tambah AKP I Gede Bagus.(Sigit)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perayaan Penuh Kedamaian, Waisak 2568 BE di Vihara Budha Jayanti

Terkini

Topik Populer

Iklan