Iklan

Iklan

Ratusan Kades Hadiri Sosialisasi Alokasi Dana Desa dan Penerapan Transaksi Non Tunai

BERITA PEMBARUAN
21 Mei 2024, 06:26 WIB Last Updated 2024-05-21T03:30:50Z
ASDA Kabupaten Karawang H.Eka Sananta saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi Dana Desa di Hotel Akshaya, Senin 20 Mei 2024.(foto: ist)


KARAWANG - Ratusan kepala desa dari berbagai wilayah menghadiri sosialisasi mengenai alokasi dana desa dan penerapan transaksi non tunai dalam penyaluran penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa. 


Acara ini diselenggarakan di Akshaya Hotel Karawang dan dihadiri oleh Asisten Daerah (Asda) Karawang, Eka Sananta, Kepala Bidang DPMD, Andri, serta perwakilan dari Bank BJB.


Dalam sambutannya, Asda Karawang Eka Sananta menyampaikan bahwa alokasi dana desa di Karawang akan terus meningkat setiap tahunnya. 


"Dana desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), bantuan dari Provinsi, dan dari bagi hasil kontribusi daerah, akan naik dengan sendirinya dari ketiga sumber tersebut," ujar Eka.


Eka menekankan pentingnya pemanfaatan dana desa yang tepat sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


"Kita harus cermati garis besar tersebut agar dana desa bisa mensejahterakan masyarakat. Kalau pendapatan desa besar, otomatis masyarakat juga akan merasakan manfaatnya," jelasnya.


Lebih lanjut, Eka menyatakan bahwa pemerintah akan berkolaborasi dengan kepala desa yang berperan sebagai auditor untuk memastikan program-program berjalan lancar dan tepat sasaran. 


"Agar program tersebut tepat sasaran kepada masyarakat, bapak ibu semua harus merencanakannya sesuai regulasi supaya bisa membangun tanpa ekses," terangnya.


Eka juga menegaskan pentingnya mendokumentasikan semua perencanaan pembangunan desa, terutama dengan adanya penambahan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 8 tahun. 


"Dengan adanya dokumen tersebut, kita bisa menentukan penggunaan dana desa selama 8 tahun masa jabatan," pungkasnya.(bdg)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Kades Hadiri Sosialisasi Alokasi Dana Desa dan Penerapan Transaksi Non Tunai

Terkini

Topik Populer

Iklan