Iklan

Iklan

Pemdes Curug Gelar Minggon dengan Penampilan Testimoni Pencak Silat

BERITA PEMBARUAN
06 Juni 2024, 07:58 WIB Last Updated 2024-06-06T01:08:56Z
Seni bela diri Pencak Silat saat warnai Minggon Pemdes Curug di Aula Kantor Desa, Rabu 5 Juni 2024.(foto: bdg)


KARAWANG - Pemerintahan Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, menggelar rutinitas mingguan yang dikenal dengan 'Minggon' di Aula Desa Curug, Rabu 5 Juni 2024. 


Acara yang dihadiri oleh perangkat desa, mahasiswa STIT Rakeyan Santang Karawang, dan masyarakat setempat, menampilkan penampilan testimoni seni bela diri pencak silat.


Selain itu juga, Minggon ini dihadiri oleh Ketua PKK Desa Curug, Ari Dwi Puspitasari, yang menyampaikan tentang UMKM yang sempat vakum akan kembali di mulai dari masing-masing Rukun Tetangga (RT). 


Kepala Desa Cece Hermawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah daerah telah meyerahkan SK Penyesuaian Masa Jabatan Kepala Desa yang merupakan realisasi dari Undang-Undang Desa No. 3 Tahun 2024. 


"Adanya perpanjangan masa jabatan ini adalah salah satu kado, akan tetapi ini bukan untuknya akan tetapi untuk semua masyarakat Desa Curug," ucap Cece Hermawan.


Cece juga berpesan agar masyarakat Desa Curug tidak boleh jumawa atau besar kepala atas perpanjangan masa jabatan tersebut, melainkan harus lebih eksis lagi, lebih bersinerji, dan lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.


"Alhamdulillah, rutinitas  rapat Minggon kali ini kami adakan dengan gelaran testimoni yang menampilkan salah satu seni yaitu pencak silat yang ada di Desa Curug. Ini bertujuan untuk mengangkat kebudayaan yang ada di desa," ujar Cece Hermawan.


Ia berharap ke depan Program Kegiatan Desa (PKD) terkait budaya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Masyarakat diharapkan dapat terus menggali dan mengembangkan kegiatan lokal yang ada.


"Dukungan dari pemerintah terkait pemberdayaan budaya sangat kami butuhkan. Di Desa Curug sudah ada program 'Daya Warga' yang diorganisir. Kami mohon dukungan dan doanya," sebutnya.


Cece juga menyoroti perlunya fasilitas yang memadai untuk latihan kebudayaan di Desa Curug. Saat ini, alat-alat yang digunakan masih seadanya, namun ke depan akan dianggarkan untuk kelengkapan fasilitas latihan yang dilakukan oleh berbagai paguyuban di Desa Curug.


Selain pencak silat, Desa Curug juga memiliki berbagai kesenian lainnya seperti seni tari, angklung, calung, serta paguyuban aki nini.


Di tempat yang sama Ketua PKK Desa Curug Arie Dwi Puspitasari menyampaikan mengenai UMKM yang sempat vakum itu akan kita kembali diaktifkan. Di mulai dari masing masing Rukun Tetangga (RT). 


"Buat mereka yang belum mempunyai NIB pihaknya akan membantu untuk pembuatannya dan jika produk kita sudah mempunyai NIB atau sertifikat," ucap Arie Dwi.


Tidak hanya memberi kemudahan untuk para UMKM akan tetapi Ari Dwi Puspitasari juga, memperkenalkan salah satu produk yang berbahan baku dari singkong yang telah di olah sedemikian rupa menjadi makanan yang sangat menarik dan tidak kalah enaknya dari makanan makanan berkelas.


"Produk ini pernah dijalankan di salah satu acara yang diselenggarakan di Hotel ternama yanga ada di Karawang, dan diakhir Juni kita akan perkenalkan 14 produk lainnya," tutur Ari Dwi Puspitasari.(bdg)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Curug Gelar Minggon dengan Penampilan Testimoni Pencak Silat

Terkini

Topik Populer

Iklan