Iklan

Iklan

PLN (Persero) Mendominasi Fortune 500 sebagai Perusahaan Utilitas Terbaik di Asia Tenggara

BERITA PEMBARUAN
30 Juni 2024, 20:38 WIB Last Updated 2024-06-30T13:39:34Z
PT PLN berhasil raih posisi teratas di antara perusahaan di Asia Tenggara. (foto: ist)


JAKARTA - Guna pencapaian luar biasa, PT PLN (Persero) berhasil meraih posisi teratas di antara perusahaan utilitas di Asia Tenggara dalam daftar bergengsi Fortune 500. 


Transformasi digital yang mulus di seluruh operasinya telah meningkatkan PLN menjadi pemimpin dalam keunggulan nasional yang diakui secara global.


Mengungguli 25 perusahaan sejenis lainnya, PLN berdiri tegak sebagai perusahaan utilitas terbaik keenam secara keseluruhan. Saingan seperti Tenaga Nasional dari Malaysia berada di peringkat ke-21, diikuti oleh Manila Electric dari Filipina di peringkat ke-34, serta Singapore Power dan Sembcorp Industries dari Singapura berturut-turut di peringkat ke-63 dan ke-68. 


Hal ini menempatkan PLN sebagai pilar utama dalam peringkat Fortune 500 Asia Tenggara untuk sektor utilitas.


Darmawan menegaskan komitmen terus-menerus PLN untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Transformasi bisnis yang lincah telah memungkinkan PLN untuk berkembang secara dinamis, meraih pengakuan sebagai penyedia utilitas terkemuka di Asia Tenggara.


"Terutama di sektor kelistrikan, PLN tidak hanya memberikan layanan terbaik tetapi juga memenuhi mandatnya untuk menyediakan listrik ke daerah-daerah terpencil. Prestasi ini mencerminkan bukan hanya pada PLN tetapi juga meningkatkan reputasi Indonesia secara global," kata Darmawan, Sabtu 29 Juni 2024.


PLN mencatatkan pendapatan sebesar USD 32,01 miliar dan laba bersih sebesar USD 1,44 miliar, dengan total aset mencapai USD 108,51 miliar dan mempekerjakan 51.245 orang.


"Keberhasilan ini sejalan dengan visi PLN menjadi Salah Satu Perusahaan Global Terbaik. Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah, yang memperkuat peran PLN dalam menjaga kemandirian dan ketahanan energi nasional," tutur Darmawan.


Editor Eksekutif Fortune Asia, Clay Chandler, menyoroti signifikansi ekonomi tumbuhnya kawasan ini, dengan menyatakan bahwa daftar Southeast Asia 500 mencerminkan dominasi sepuluh perusahaan multinasional besar dengan operasi internasional yang luas.


Daftar Southeast Asia 500 untuk tahun 2024 menunjukkan dominasi Indonesia dengan 110 perusahaan, diikuti oleh Thailand dengan 107 perusahaan. Malaysia melampaui Singapura dengan 89 perusahaan dalam daftar, sementara Vietnam, Filipina, dan Kamboja juga terwakili.


Prestasi ini menegaskan status PLN sebagai cikal bakal kesuksesan di wilayah ini, menandai tonggak sejarah penting dalam lanskap korporat Indonesia dan pengakuan global.(rls)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PLN (Persero) Mendominasi Fortune 500 sebagai Perusahaan Utilitas Terbaik di Asia Tenggara

Terkini

Topik Populer

Iklan