Iklan

Iklan

PLN UIT JBT dan BUMDes Pangasihan Luncurkan Program 'Cibukamanah Berseri'

BERITA PEMBARUAN
16 Juni 2024, 19:10 WIB Last Updated 2024-07-09T14:14:41Z
Usai Peluncuran resmi 'Cibukamanah Berseri' antara PLN dengan BumDes Pengasihan di Kecamatan Cibatu Purwakarta, Minggu 16 Juni 2024.(foto: ist)


PURWAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (PLN UIT JBT) melalui UPT Karawang, bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pangasihan, resmi meluncurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk 'Cibukamanah Berseri' yang berarti Bersih, Sehat, dan Mandiri. 


Program ini dilaksanakan di Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, pada Minggu (16/6/2024).


Program TJSL ini fokus pada penyediaan kebutuhan air bersih, Posyandu, dan fasilitas penunjang lainnya bagi 40 kepala keluarga, dengan total 476 jiwa di Desa Cibukamanah. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyediaan air bersih dan fasilitas sanitasi yang memadai.


General Manager PT PLN (Persero) UIT JBT, Tejo Wihardiyono, menjelaskan bahwa terbatasnya penyediaan air bersih dan fasilitas sanitasi masih menjadi masalah mendasar di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Purwakarta.


“PLN hadir untuk membantu menyediakan sarana air bersih bagi daerah yang kesulitan mengakses air bersih,” ujar Tejo.


Tejo menambahkan bahwa bantuan ini akan dimulai pada Juni 2024 dan diharapkan selesai pada Oktober 2024. Program ini merupakan bagian dari dukungan PLN terhadap Suistainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Pemerintah, khususnya terkait akses air bersih dan sanitasi.


“Program ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, karena masyarakat akan dilibatkan sebagai pengelola sarana dan prasarana air bersih melalui kelompok BUMDes,” lanjutnya.


Ketua BUMDes Pangasihan, Dr. Karwita S.H., M.H., menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas inisiatif kolaborasi ini.


“Kami mengapresiasi PLN yang telah menunjukkan kepeduliannya dalam penyediaan air bersih di Kabupaten Purwakarta. Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar,” kata Karwita.


Juma’in, Manager ULTG Purwakarta, menambahkan bahwa program TJSL ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian PLN terhadap kesejahteraan masyarakat.


“Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar instalasi PLN. Pemberian program TJSL ini adalah bukti nyata komitmen tersebut,” ujarnya.


Manager UPT Karawang, Syafrizal, juga berharap dengan adanya fasilitas air bersih dan sanitasi yang memadai, kualitas hidup masyarakat Desa Cibukamanah akan meningkat secara signifikan.


“Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga aset PLN demi keberlanjutan layanan listrik yang andal,” ungkap Syafrizal.


Melalui program TJSL ini, PLN berharap dapat meminimalkan dampak negatif atas risiko aktivitas perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar tower 20-21 SUTT 70Kv Purwakarta-Subang, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Cibukamanah secara signifikan.(rls)


 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PLN UIT JBT dan BUMDes Pangasihan Luncurkan Program 'Cibukamanah Berseri'

Terkini

Topik Populer

Iklan