Iklan

Iklan

Mahasiswa UBP Karawang Bantu Desa Cikeris Semakin Dikenal sebagai Produsen Gula Aren

BERITA PEMBARUAN
26 Juli 2024, 19:08 WIB Last Updated 2024-07-26T12:09:42Z
Mahasiswa KKN UBP Karawang bersama Kepala Desa Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta saat melaksanakan Reboisasi Pohon Aren, Jumat 26 Juli 2024.(foto: ist)


PURWAKARTA - Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang 2024 bersama dengan Kepala Desa Cikeris, Kecamata Bojong Kabupaten Purwakarya telah melaksanakan program reboisasi pohon aren.


Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari program kerja Mahasiswa KKN UBP, untuk menjaga kelestarian UMKM gula aren Cikeris yang menjadi ciri khas dari Desa Cikeris. 


Program ini dilaksakan di beberapa area strategis pemilik UMKM gula Cikeris dan melibatkan Kepala Desa Cikeris. 


Reboisasi pohon aren ini bertujuan untuk menguatkan citra Desa Cikeris sebagai pembuat gula aren yang sekaliguas menjadi ciri khas di Purwakarta. 


Selain itu, pohon aren ini tentunya memiliki manfaat ekonomis bagi masyarakat sekitarkarena menghasilkan nira yang dapat diolah menjadi gula aren. Kegiatan reboisasi ini melibatkan kurang lebih 20 bibit pohon aren di area tanah kosong beberapa pemilik UMKM gula Cikeris. 


Penanaman bibit ini dilakukan dengan jarak 5 meter per bibit nya, karena pohon aren akan tumbuh dan berbuah sekitar kurang lebih 8 tahun lamanya. Sehingga daerah terdekat pohon aren tersebut dikosongkan sekitar 5 meter agar dapat di tanami tanaman lainnya seperti singkong, pisang, dan lain sebagainya. 


Ketua KKN UBP Desa Cikeris, Dimas Cahyo Nugroho mengatakan, proses penanaman dilakukan melibatkan partisipasi dari pihak Desa Cikeris, termasuk seluruh mahasiswa KKN UBP Karawang, dan masyarakat Cikeris. Selain itu, dilakukan edukasi mengenai pentingnya menjaga kelestarian citra khas desa Cikeris kepada para pelaku UMKM.


Program reboisasi ini didukung oleh Universitas Buana Perjuangan Karawang yang bekerja sama dengan pemerintahan Bojong Purwakarta serta kepala Desa Cikeris, dan pelaku UMKM gula aren Cikeris. 


"Kami sangat antusias dengan pelaksanaan program reboisasi pohon aren ini. Ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial kami untuk memberikan kontribusi positif terhadap citra Desa Cikeris," ujarnya, Jumat 26 Juli 2024. 


Kemudian kata Dimas, juga sebagai pembuat gula aren ciri khas Cikeris dan terhadap para pelaku UMKM gula aren Desa Cikeris. 


"Kami berharap program ini dapat memberikan dampak jangka panjang yang signifikan bagi citra desa," imbuhnya.


Masih kata Dimas, mahasiswa KKN mengundang Kepala Desa Cikeris untuk ikut serta dalam kegiatan reboisasi ini. 


"Dengan bersama-sama menjaga, merawat, dan melestarikan pohon aren yang telah di tanam, kita dapat mewariskan citra Cikeris yang lebih baik bagi generasi mendatang," tandasnya.(naz).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa UBP Karawang Bantu Desa Cikeris Semakin Dikenal sebagai Produsen Gula Aren

Terkini

Topik Populer

Iklan