Iklan

Iklan

Dua Puluh Lima Anggota DPRD Terpilih 2024 Kabupaten Tapin Resmi Dilantik

BERITA PEMBARUAN
05 Agustus 2024, 19:21 WIB Last Updated 2024-08-05T12:39:09Z
Duapuluh Lima Anggota DPRD hasil Pileg 2024 saat dilantik di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Tapin Kalsel, Senin 5 Agustus 2024.(foto: ist)


RANTAU - Sebanyak 25 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, terpilih hasil Pemilu 14 Februari 2024 resmi dilantik, di Ruang Rapat Paripurna Sekretariat DPRD Tapin, Jalan Brigjen Hasan Basri, Rantau, Senin (5/8/2024).


Prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan mulai pukul 10.00 WITA, dihadiri Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, Sekda H Sufiansyah, Kajari Tapin Adi Fakhruddin, Kapolres Tapin AKBP Zimmy Kurniawan, Dandim 1010/Tapin, Ketua PN Kelas II Rantau, Achmad Iyud Nugraha, para Kepala SKPD dan Camat Lingkup Pemkab Tapin, Perwakilan Ormas dan OKP, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta anggota DPRD Tapin periode 2019 - 2024 dan undangan lainnya.


Sekretaris DPRD Kabupaten Tapin, Noor Ifansyah menyampaikan, pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 100.3.3.1/0669/KUM/2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Tapin Masa Jabatan Tahun 2024 - 2029.


Dikatakannya, usai prosesi pelantikan ini dilanjutkan dengan Rapat Paripurna pengangkatan Ketua dan Wakil Ketua sementara hingga terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua DPRD Tapin definitif nanti.


"Sesuai UU MD3 nomor 17 tahun 2014 Pimpinan atau Ketua DPRD jadi kavling Parpol pemenang pada pemilu legislatif lalu dan di Kabupaten Tapin yaitu Partai Golkar dan untuk dua wakilnya dari Partai Gerindra dan PDIP," ujar Noot Ifansyah. 


Menurutnya, unsur pimpinan dan alat kelengkapan dewan lainnya secara definitif maksimal harus selesai dalam kurun waktu satu bulan paska pelantikan dan diharuskan ada rekomendasi dari DPP Partai Politik masing-masing tadi.


"Untuk Ketua DPRD Tapin sementara sekarang Achmad Riduan Syah sebagai peraih suara terbanyak dari Partai Golkar dan Wakil Ketua M Fajri Rahman dari Partai Gerindra," sebutnya. 


Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam sambutan yang disampaikan Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota DPRD Tapin 2024-2029 yang baru saja dilantik dan diambil sumpah janjinya.


"Ini merupakan amanah besar yang dipercayakan oleh rakyat kepada saudara - saudara sekalian. Kepercayaan ini tentunya harus dijaga dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya, melalui kinerja yang optimal dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat," ujar Syarifuddin.


Syarifudin mengatakan, sumpah dan janji yang diikrarkan seluruh anggota DPRD tadi memiliki nilai sangat sakral yang harus dipertanggung jawabkan terhadap rakyat dan tuhan yang maha esa.


"Karena itu, setiap anggota DPRD harus berkomitmen menjalankan tugas dan kewenangan secara berintegritas. Dan dituntut untuk meningkatkan performa kinerja legislasi daerah, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD serta menjaga marwah DPRD sebagai perwakilan rakyat," terang Muhammad Syarifuddin.(Ron).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dua Puluh Lima Anggota DPRD Terpilih 2024 Kabupaten Tapin Resmi Dilantik

Terkini

Topik Populer

Iklan