Iklan

Iklan

Kebakaran Hanguskan Enam Rumah, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

BERITA PEMBARUAN
19 Agustus 2024, 20:45 WIB Last Updated 2024-08-19T13:45:39Z
Kebakaran menghanguskan enam rumah di Sarawi Tengah Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin Kalsel, Senin 19 Agustus 2024 sekira pukul 16:57 Wita.(foto: ron)


RANTAU - Setidaknya enam rumah hangus dilahap si jago merah pada peristiwa kebakaran yang terjadi di Sarawi Tengah, Kelurahan Binuang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.


Menurut keterangan warga sekitar, api baru terlihat mulai sekira pukul 16.57 WITA pada Senin (19/8/2024) sore hari.


Pantauan, meski belasan unit tangki pemadam dan unit portabel diterjunkan, namun karena angin kencang, dengan cepat  dalam hitungan menit api melahap rumah warga. Sementara itu api baru bisa dipadamkan lebih kurang 1 jam kemudian.


"Ada enam buah rumah yang terbakar, dari 6 KK dan 16 jiwa. Tiga buah rumah rusak berat 100 persen, 2 buah rusak ringan sekitar 20 persen dan satu buah rumah rusak sedang sekitar 70 persen," ungkap Petugas Damkar Kabupaten Tapin, Rahmat Hidayat di lokasi kejadian.


Menurut Rahmat, rumah yang terbakar 100 persen yaitu milik Saidi 1 KK 1 jiwa, Usman 1 KK 3 jiwa, Jumainah 1 KK 2 jiwa dan rusak sedang atau terbakar sekitar 70 persen rumah Samsul Bahri 1 KK 4 jiwa. Sedangkan untuk yang rusak ringan atau yang terbakar sekitar 20 persen yakni rumah Rumainur 1 KK 1 jiwa dan Asfani 1 Kepala Keluarga (KK) 5 jiwa.


"Tidak ada korban jiwa atau luka pada peristiwa kebakaran ini. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta atau lebih dari setengah miliar. Sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," ujarnya.


Aparat kepolisian dari Polsek Binuang hingga saat ini masih berjaga di lokasi kejadian dan melakukan penyelidikan.


Sementara, para korban yang rumahnya terbakar, malam ini terpaksa menginap di rumah keluarganya masing-masing.


"Untuk membantu sementara kebutuhan sehari-hari para korban, Insya Allah kita BPBD besok, Selasa (20/8/2024) akan memberikan bantuan kepada mereka," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tapin, Ahmad Sofyan saat di lokasi kejadian.(Ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kebakaran Hanguskan Enam Rumah, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

Terkini

Topik Populer

Iklan