Iklan

Iklan

Napak Tilas Kebulatan Tekad H. Acep Jamhuri Ajak Masyarakat Ingat Sejarah

BERITA PEMBARUAN
16 Agustus 2024, 23:04 WIB Last Updated 2024-08-16T16:04:05Z
H.Acep Jamhuri saat memberikan sambutan pada Napak Tilas di Tigu  Kirab Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Karawang, Jumat 16 Agustus 2024.(foto: ist)


KARAWANG - Menjelang detik-detik Proklamasi kemerdekaan Indonesia 79 tahun lalu tepatnya 17 Agustus 1945, Rengasdengklok di Karawang mempunyai peristiwa tersendiri.


Rengasdengklok dikenal tonggak awal kemerdekaan. Di mana tempat Teks Proklamasi Kemerdekaan dirumuskan para pejuang termasuk proklamator kita Soekarno-Hatta.


Sehingga napak tilas kemerdekaan Indonesia ini selalu diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Karawang khususnya.


Kali ini napak tilas mengambil start di Lapangan Karangpawitan dan titik kumpul di lapangan Kebulatan Tekad Rengasdengklok Jumat 16 Agustus 2024.


Napak tilas kali ini juga diikuti H. Acep Jamhuri, budayawan dan tokoh masyarakat Karawang. Juga hadir berbagai elemen masyarakat mulai dari ormas, OKP, komunitas dan masyarakat umum.


Dalam sambutannya H. Acep Jamhuri menyatakan upacara Kirab Kebulatan Tekad Rengasdengklok adalah menjadi Simbol Penghargaan kepada para pahlawan bangsa.


"Warga Rengasdengklok harus tau Naskah Proklamasi Kemerdekaan dirancang di sini dan bendera merah putih pertama di kibarkan juga disini," kata Acep Jamhuri.


H. Acep Jamhuri mengingatkan sejarah tanggal 16 Agustus 1945 wajib kita tau dan kita kenang 


Ketua Panitia Syuhada wisastrai sangat bangga melihat animo masyarakat Karawang yang hadir dan bahkan tanpa adanya support atau dukungan dari pemerintah daerah.


"Ini murni acara rakyat, walaupun tidak ada dukungan dari Pemerintah Daerah, acara ini akan tetap diadakan pada16 Agustus setiap tahun," kata Suhada (mu)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Napak Tilas Kebulatan Tekad H. Acep Jamhuri Ajak Masyarakat Ingat Sejarah

Terkini

Topik Populer

Iklan