Iklan

Iklan

PKB Resmi Berkoalisi dengan PKS dan NasDem Usung Petahana pada Pilkada Karawang 2024

BERITA PEMBARUAN
17 Agustus 2024, 23:48 WIB Last Updated 2024-08-17T17:44:19Z
Ketua DPD PKS Budiwanto (ketiga dari kanan) dan Ketua DPD NasDem (berjaket) saat memperlihatkan Rekomendasi DPP PKB di Kantor DPC PKB Karawang, Sabtu 17 Agustus 2024.(foto: not)


KARAWANG- DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang resmi bergabung dalam koalisi dengan Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mendukung pencalonan H. Aep Syaepuloh dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.


Keputusan ini diumumkan pada acara silahturahmi dan konsolidasi yang digelar di Kantor DPC PKB Kabupaten Karawang pada Sabtu 17 Agustus 2024 malam. 


Dalam acara tersebut, Ketua DPC PKB Karawang, Rahmat Hidayat Djati, atau akrab disapa Kang Toleng, menyampaikan bahwa pihaknya baru saja menerima surat rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB untuk mendukung H. Aep Syaepuloh sebagai bakal calon bupati Karawang.


"Surat rekomendasi ini dikeluarkan pada 16 Agustus 2024," ujar Kang Toleng.


Dalam acara tersebut, Toleng secara simbolis menyerahkan surat dukungan kepada Ketua DPD NasDem Karawang, Dian Fahrud Jaman, dan Ketua DPD PKS Karawang, Budiwanto.


Sementara, Ketua DPD NasDem Karawang, Dian Fahrud Jaman, mengungkapkan bahwa dengan bergabungnya PKB, koalisi ini kini telah memiliki dukungan resmi dari tiga partai: PKS, NasDem, dan PKB. 


Dian Fahrud Jaman, juga menegaskan bahwa koalisi ini bukan sekadar formalitas. 


"Kami tidak hanya mendukung H. Aep sebagai calon bupati, tapi juga sudah ada tiga partai yang memberikan rekomendasi resmi. Soal calon wakil bupati, itu akan kita bahas bersama-sama dengan partai koalisi, termasuk jika Gerindra bergabung," katanya.


Pernyataan Dian semakin memperkuat bahwa koalisi ini sedang mempersiapkan langkah besar. 


"Kami sudah sepakat bahwa calon bupati adalah prioritas utama. Untuk calon wakil bupati, nanti akan kita bicarakan bersama. Kami tidak ingin ada istilah 'kawin paksa'. H. Aep akan memilih wakil yang terbaik dengan persetujuan partai-partai koalisi," tegas Dian.


Meski Gerindra belum memberikan rekomendasi resmi, Dian optimis bahwa partai tersebut akan bergabung dalam koalisi ini. 


"Kita tinggal menunggu saja, sejauh ini baru sebatas isu, tapi saya yakin Gerindra akan ikut mendukung H. Aep," ujarnya.


Dian menambahkan bahwa dengan rekomendasi dari ketiga partai ini, Aep Syaepuloh kini telah memperoleh dukungan dari 20 kursi legislatif, memenuhi syarat untuk maju dalam Pilkada 2024.


Sementara itu, Ketua DPD PKS Karawang, Budiwanto, menyatakan bahwa dukungan PKB semakin memperkuat koalisi dan semangat politik untuk memenangkan Aep Syaepuloh. 


"Kami sangat senang PKB bergabung dengan kami dalam misi ini," pungkas Budiwanto.(Dhan/not)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PKB Resmi Berkoalisi dengan PKS dan NasDem Usung Petahana pada Pilkada Karawang 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan