Iklan

Iklan

Ribuan Pelajar Antusias Ikuti Karnaval HUT RI ke -79 di Kabupaten Tapin

BERITA PEMBARUAN
16 Agustus 2024, 21:48 WIB Last Updated 2024-08-16T14:48:35Z
Para pelajar saat mengikuti loma Karnaval Pelajar di Kabupaten Tapin, Kamis 15 Agustus 2024.(foto: ist)


RANTAU - Guna menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -79, Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar lomba karnaval tingkat sekolah.


Lomba karnaval yang mengambil start mulai Tugu Bundaran Sirang Pitu, Jalan Brigjen Hasan Basri atau depan Rumah Dinas Bupati Tapin, resmi dilepas Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin didampingi Sekda H.Sufiansyah bersama Jajaran Forkopimda, Kamis (15/8/2024).


Terpantau, ribuan pelajar dari berbagai sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Tapin tersebut, antusias mengikuti karnaval dengan riang gembira berjalan kaki sepanjang 2,5 KM hingga finish di Lapangan Dwi Dharma.


Para peserta yang terdiri dari para pelajar tersebut menggunakan berbagai macam kostum mulai dari baju adat yang ada di nusantara, profesi seperti dokter, TNI, Polri, petani, nelayan hingga lainnya, bahkan ada di antara peserta yang menampilkan miniatur Istana Presiden RI di IKN.


Kepala Dinas Pendidikan Tapin sekaligus Panitia Pelaksana, Hj.Irnawati melaporkan, sedikitnya ada tiga ribu pelajar dari tiga tingkatan mulai SD, SMP hingga SMA sederajat dan dari 27 sekolah se-Tapin yang mengikuti kegiatan lomba karnaval menyemarakan HUT RI ke -79 ini.


"Ini merupakan kegiatan rutin tahunan pemerintah daerah tiap menyambut atau memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Tema tahun ini yaitu Nusantara Baru, Indonesia Maju," ungkapnya.


Irnawati menjelaskan, total ada 3.000 peserta yang diambil dari 27 sekolah di Tapin, dengan rincian 14 Sekolah Dasar, 6 SMA dan 7 tingkat SMP sederajat.


Senada dengan itu, Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur sekaligus pengingat atas perjuangan para pendahulu yang telah berjuang hingga memerdekakan NKRI yang hingga tahun 2024 ini sudah mencapai ke -79 tahun.


"Diharapakan dengan karnaval ini, di dalam jiwa  kita terutama para pelajar sebagai generasi penerus bangsa, dan yang akan mengisi kemerdekaan di masa depan ini, akan tertanam jiwa - jiwa patriotik, cinta tanah air serta selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Syarifuddin.


Syarifuddin pun mengingatkan pentingnya  untuk bisa mencintai dan selalu menjaga daerah agar tetap aman, kondusif dan damai, apalagi menghadapi perhelatan Pilkada serentak tahun 2024 sekarang.


Sementara itu, ditambahkan Sekretaris Daerah Tapin, Sufiansyah mengharapkan, ke depannya pelaksanaan karnaval dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekan RI ini tidak hanya diikuti para pelajar saja, akan tetapi melibatkan semua lapisan masyarakat di Kabupaten Tapin.


"Karena ini kan momennya perayaan Kemerdekaan RI, jadi sudah sepatutnya harus dirayakan oleh semua masyarakat Indonesia, tak terkeculai warga Kabupaten Tapin," ungkap Sufiansyah.


Diharapkannya, ke depan bisa lebih banyak peserta yang berpartisipasi atau dapat melibatkan instansi dari mulai SKPD, kecamatan hingga desa dan komunitas masyarakat bahkan perusahaan.(Ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Pelajar Antusias Ikuti Karnaval HUT RI ke -79 di Kabupaten Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan