Iklan

Iklan

UNSIKA Go Internasional, Jajaki Kerja Sama dengan Sejumlah Kampus di Australia

BERITA PEMBARUAN
18 Agustus 2024, 13:09 WIB Last Updated 2024-08-18T06:09:47Z
Rektor Unsika Prof Ade Maman (kedua dari kanan) bersama Dekan FKIP dan Pejabat Pemerintah Australia di KBRI Canbera, Rabu 14 Agustus 2024 lalu.(foto: ist)


KARAWANG - Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) sedang menjajaki kerja sama internasional dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan beberapa universitas terkemuka di Australia. 


Penjajakan ini bertujuan untuk membangun kemitraan strategis dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).


Rektor Unsika, Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, M.Sc, dalam pidatonya di Universitas Deakin, Melbourne, Australia pada 14 Agustus 2024, menyatakan, pertemuan ini merupakan langkah awal untuk menjajaki kerja sama dengan Universitas Deakin dan universitas lain di Australia. 


"Kami ingin mengevaluasi potensi dan kesesuaian antara Unsika dan Deakin dalam kerangka kerja sama internasional ini," sebutnya.


Prof. Ade Maman berharap kerja sama ini akan mempercepat akreditasi internasional Unsika. Ade Maman mengatakan, penting untuk memastikan kesesuaian antara core business Universitas Deakin dan Unsika sebelum melakukan penandatanganan MoU. 


Rektor didampingi pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsika, termasuk Dekan FKIP, Prof. Dr. Sutirna.


Dalam kesempatan yang sama, Prof. Wanty Widjaja, Ph.D, Kepala Kerja sama Internasional Universitas Deakin, menyatakan antusiasme pihaknya terhadap potensi kerjasama dengan Unsika. 


"Kami sangat senang jika Deakin terpilih sebagai mitra Unsika dan berharap pertemuan lanjutan dapat membahas kolaborasi lebih rinci," ujarnya.


Dekan FKIP Unsika, Prof. Dr. H. Sutirna, menambahkan, rencana kolaborasi termasuk pertukaran profesor dan publikasi riset di jurnal internasional. 


"Selain itu, Unsika juga berencana memperkuat program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) melalui kerja sama dengan KBRI Australia," ujar Prof Sutirna.


Setelah kunjungan ke Universitas Deakin, Prof. Ade Maman dan tim FKIP Unsika mendapatkan undangan untuk mengikuti Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-79 di KBRI Canberra. 


Prof. Ade Maman juga menyebutkan diskusi dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI, Prof. Mukhamad Najib, tentang kerja sama program BIPA.


Pada 16 Agustus 2024, Unsika juga menjajaki kerja sama dengan Scotts Head Public School dan Universitas Canberra, menandai langkah awal dalam pengembangan program MBKM sebelum fokus pada BIPA.(hms/red)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UNSIKA Go Internasional, Jajaki Kerja Sama dengan Sejumlah Kampus di Australia

Terkini

Topik Populer

Iklan