Iklan

Iklan

Yamani - Juanda vs Milhan Habib Farid Sudah Daftar, KPU Sebut Kans Paslon Ketiga di Tapin Nihil

BERITA PEMBARUAN
28 Agustus 2024, 14:56 WIB Last Updated 2024-08-28T07:56:01Z
KPU Kabupaten Tapin saat konferensi pers usai dua pasanhan mendaftar, Selasa 27 Agustus 2024.(foto: ron)


RANTAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin, Kalimantan Selatan, telah menerima dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Tapin pada hari pertama pendaftaran, Selasa (27/8/2024).


Ketua KPU Kabupaten Tapin,Fahkrian Noor mengungkapkan, bahwa secara matematis peluang untuk adanya calon ketiga sudah nihil.


Menurutnya, dengan matematika setelah pihaknya menerima dokumen pesyaratan masing-masing calon yang diusung gabungan parpol. Tentu sisanya kalau menurut ketentuan tidak akan mencukupi karena partai-partai parlemen dan non parlemen sudah mengusung calon.


"Meski begitu, KPU Tapin tetap akan menutup masa pendaftaran hingga Kamis (29/8) pukul 23.59 WITA. Kemudian lusa 30 Agustus 2024, kandidat yang sudah mendaftar dijadwalkan melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Ulin Kota Banjarmasin," ujar Fakhrian Noor.


Diketahui, pada hari pertama pendaftaran paslon Pilbup Tapin ini sudah ada dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU Tapin, H Yamani - H Juanda yang diusung gabungan 9 parpol parlemen dan non parlemen yaitu Golkar, PDIP, Demokrat,

PKB, PPP, PAN, PSI, Partai Ummat dan Perindo.


Dari kesembilan parpol ini, total memiliki 19 dari 25 kursi DPRD Kabupaten Tapin, atau sebanyak 84.860 perolehan suara sah Parpol atau sekitar 60 persen dari 142.477 orang jumlah DPT Tapin pada Pemilu Legislatif 2024 kemarin lalu.


Sementara paslon dr.Milhan-Habib Farid Assegaf diusung tiga Parpol yakni PKS, Gerindra dan Nasdem dengan jumlah 6 kursi legislatif, atau total perolehan suara sah pada Pileg 2024 dari ketiga parpol ini sebanyak 32.917 suara.


Kemudian, sebelumnya pasangan ini juga telah dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Tapin sebagai paslon independen  dengan mengantongi syarat dukungan sebanyak 15.237 orang.(ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Yamani - Juanda vs Milhan Habib Farid Sudah Daftar, KPU Sebut Kans Paslon Ketiga di Tapin Nihil

Terkini

Topik Populer

Iklan