Iklan

Iklan

Kilas Balik Perjalanan Ormas 234 SC Kabupaten Karawang Menuju Tahun ke-13

BERITA PEMBARUAN
04 Oktober 2024, 15:43 WIB Last Updated 2024-10-04T08:44:07Z
Para pengurus DPC 234 SC saat foto bersama.(foto: ist)


KARAWANG - Organisasi Kemasyarakatan 234 SC, yang merupakan singkatan dari 234 Soerjosoemarno Clan, kini semakin dikenal di masyarakat. 


Lambang sayap terbang yang menjadi simbol organisasi ini diciptakan oleh Alm KPH Soetarjo Soerjosoemarno, ayahanda dari KRMH Japto SS, untuk menandai keikutsertaan dalam olahraga terjun payung tingkat dunia pada tahun 1980-an di Australia.


Sejak itu, 234 SC berkembang dan diteruskan oleh generasi selanjutnya, termasuk anak kandung KRMH Japto SS, Sahid Abi Shalom BNN SS dan Jedidiah Shenazar KS. Organisasi ini dikenal karena luasnya sayap simboliknya, yang menarik perhatian masyarakat terhadap sosok Japto dan Mas Abi, sehingga banyak yang berminat untuk bergabung.


Awalnya bernama Soerjosoemarno Clan, 234 SC kini telah bertransformasi menjadi 234 Solidarity Community dan membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi anggota. Organisasi ini tidak hanya beroperasi di tingkat nasional, tetapi juga memiliki cabang internasional di Beijing, Australia, dan Belanda.


Di Kabupaten Karawang, 234 SC telah berdiri sejak tahun 2010 dengan berbagai kepengurusan yang silih berganti. Sejak menjadi ormas pada tahun 2022, 234 SC dipimpin oleh Linal Ari Wahyudi yang menjabat sejak 2016. 


Linal menyatakan, visi dan misi 234 SC adalah untuk mempersatukan pemuda-pemudi menjadi keluarga besar dengan solidaritas tinggi, mengusung jargon 'Kita tidak sedarah tapi lebih dari saudara, Freefall, Merdeka'.


Linal menjelaskan, kehadiran 234 SC di Kabupaten Karawang merupakan wadah yang tepat untuk mengintegrasikan berbagai kalangan masyarakat. 


Organisasi ini aktif dalam kegiatan sosial, budaya, olahraga, dan bidang ekonomi, dengan tujuan membekali anggota dengan keterampilan yang berguna.


“Para anggota akan dibimbing dalam bidang UMKM dan lainnya, sehingga mereka dapat mandiri secara ekonomi, baik secara kelompok maupun individu,” ujar Linal melalui keterangan tertulis pada beritapembaruan.id, Jumat 4 Oktober 2024.


Dalam rangka merayakan hari jadi ke-13 234 SC di Kabupaten Karawang, Linal berharap organisasi ini dapat terus berkembang dan menjangkau seluruh pelosok Kabupaten Karawang, terbuka untuk semua kalangan masyarakat. 


"Penyebaran tersebut harus maksimal untuk menjangkau semua lapisan masyarakat," pungkasnya.(**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kilas Balik Perjalanan Ormas 234 SC Kabupaten Karawang Menuju Tahun ke-13

Terkini

Topik Populer

Iklan