Iklan

Iklan

Konsolidasi Tiga Federasi Sukses Bentuk DPW KPBI Jawa Barat

BERITA PEMBARUAN
21 Oktober 2024, 09:38 WIB Last Updated 2024-10-21T02:40:26Z
Konsolidasi anggota Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) di tingkat regional/wilayah Jawa Barat, Sabtu, 19 Oktober 2024, bertempat di Hotel Omega Karawang.(foto:ist)


KARAWANG - Tiga organisasi federasi serikat pekerja/buruh, terdiri dari FSERBUK Indonesia, FSP2KI, dan FGSPB, melaksakan konsolidasi bersama dan sepakat membentuk Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) Jawa Barat.


Konsolidasi ini dalam rangka memperkuat koordinasi dan organisasi anggota Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) di tingkat regional/wilayah Jawa Barat, dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2024, bertempat di Hotel Omega Kabupaten Karawang.


Pertemuan ini diadakan secara hybrid, yaitu dengan metode daring (online) dan luring (offline), sehingga memungkinkan partisipasi lebih luas dari perwakilan Federasi di seluruh Jawa Barat. Dalam konsolidasi tersebut, salah satu agenda utama adalah pemilihan Ketua DPW KPBI Wilayah Jawa Barat.


Informasi yang dihimpun media ini, Senin, 21 Oktober 2024, ada tiga calon terpilih untuk maju dalam pemilihan ini, yang sudah melalui proses dan mekanisme yang transparan dan demokratis. Ketiga nama Calon Ketua DPW KPBI Wilayah Jawa Barat, yakni:


1. Cecep Saripudin dari Federasi GSPB, yang dikenal aktif dalam memperjuangkan isu-isu ketenagakerjaan dan telah lama berkecimpung dalam dunia perburuhan.


2. Yanto Raswanto dari Federasi SP2KI, seorang tokoh penggiat serikat pekerja yang memiliki pengalaman luas dalam berorganisasi serta mengorganisir aksi-aksi solidaritas dan advokasi buruh di sektor industri.


3. Agus Rosdiana dari FSERBUK Indonesia, yang sudah dikenal sebagai penggerak utama dalam beberapa kampanye advokasi buruh di Jawa Barat, khususnya dalam memperjuangkan hak-hak pekerja.


Pemilihan berlangsung demokratis dalam suasana penuh semangat dan diskusi yang produktif. Peserta yang hadir setiap federasi berdikusi untuk menetapkan nama calon dan diberi kesempatan untuk memaparkan visi, misi, serta rencana kerja mereka jika terpilih menjadi Ketua DPW KPBI Jawa Barat.


Dari hasil perhitungan suara, Agus Rosdiana dari Federasi SERBUK Indonesia terpilih sebagai Ketua DPW KPBI Jawa Barat dengan dukungan suara mayoritas. Kemenangan Agus ini diharapkan dapat menjadi momentum baru untuk memperkuat sinergi antar federasi dalam mengadvokasi hakhak buruh di seluruh wilayah Jawa Barat.


Setelah ditetapkan terpilih sebagai Ketua DPW KPBI Jawa Barat, Agus Rosdiana dalam orasi perdananya mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dirinya berkomitmen untuk memperjuangkan hak-hak buruh dan meningkatkan solidaritas di antara serikat pekerja di Jawa Barat. 


“Ini bukan hanya kemenangan saya, tetapi kemenangan bersama bagi semua kawan-kawan anggota KPBI Wilayah Jawa Barat. Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk membawa DPW KPBI Jawa Barat menjadi organisasi yang lebih kuat, solid, dan tangguh dalam menghadapi segala tantangan,” tegas Agus disambut riuh tepuk tangan yang berhadir.


Agus juga menekankan pentingnya kolaborasi yang erat dengan semua federasi di bawah naungan KPBI dan mengajak semua anggota untuk bersatu dalam menghadapi tantangan-tantangan baru yang muncul di dunia kerja, seperti digitalisasi, fleksibilitas tenaga kerja, dan kebijakan ekonomi yang tidak berpihak pada pekerja.


"Kedepan DPW KPBI Jawa Barat diharapkan dapat memainkan peran strategis dalam memperjuangkan hak-hak pekerja, meningkatkan kesejahteraan, serta membangun kekuatan buruh yang lebih solid di tingkat regional dan nasional," pintanya.


Sebagai langkah awal setelah pembentukan DPW KPBI Wilayah Jawa Barat, Agus Rosdiana berencana mengadakan rapat kerja wilayah untuk menyusun program kerja dan agenda prioritas. Konsolidasi ini mencerminkan semangat persatuan dan kerjasama di antara federasi-federasi yang tergabung di KPBI Wilayah Jawa Barat. Dengan adanya kepemimpinan yang baru, para buruh berharap KPBI Jawa Barat bisa semakin solid dalam memperjuangkan hak-hak pekerja dan menjadi garda terdepan dalam advokasi isu-isu ketenagakerjaan di masa depan.[Ari]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Konsolidasi Tiga Federasi Sukses Bentuk DPW KPBI Jawa Barat

Terkini

Topik Populer

Iklan