Puskesmas Wadas Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang.(foto: ist) |
KARAWANG - Seorang warga Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, Ina, mengaku kecewa dengan pelayanan yang diterimanya di Puskesmas Wadas Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang pada Rabu (6/11/2024).
Ina, yang berobat untuk keluhan pendarahan, merasa diabaikan oleh tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut.
"Saya sudah mendaftar sejak pukul 08.00, tapi sampai pukul 10.00 belum juga dilayani," ujar Ina, menceritakan pengalamannya.
Saat mencoba bertanya ke bagian pendaftaran, dia diberi tahu bahwa bidan yang seharusnya melayani pasien sedang sibuk mengisi aplikasi elsimil catin, sebuah aplikasi pencatatan ibu hamil.
Ina juga menilai pegawai Puskesmas kurang serius dalam bekerja. "Mereka mengisi aplikasi sambil bercanda dan tertawa-tawa, seharusnya lebih memprioritaskan warga yang membutuhkan pengobatan," keluhnya.
Akhirnya, Ina memutuskan untuk mencari pelayanan kesehatan di tempat lain karena merasa kecewa.
Ia pun mendesak Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang untuk segera memperbaiki kualitas pelayanan di Puskesmas, khususnya mengganti tenaga kesehatan yang dinilai lalai.
"Tolong tenaga kesehatan yang tidak serius melayani warga diganti," tegasnya.
Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Puskesmas Wadas, dr. H. Endang Brata Zatnika, meminta maaf kepada masyarakat. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, ke depannya pelayanan akan kami perbaiki," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Karawang, La Ode, memilih bungkam terkait keluhan warga atas pelayanan di Puskesmas Wadas.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak Dinas Kesehatan meskipun laporan sudah diterima.(ltf)